Monday, January 18, 2016

Sentimen Beli Dollar Amerika Meningkat Hampir Tiga Persen



Berdasarkan data Commitment OfTraders yang baru saja dirilis menunjukan bahwa terjadi peningkatan sentiment beli pada mata uang Dollar Amerika. Sentimen tersebut seakan mengkonfirmasi keberhasilan Amerika Serikat dalam menaikan suku bunganya pada bulan Desember 2015 lalu.

Dan, selain itu peningkatan sentiment beli Dollar Amerika tersebut juga seakan memberikan sinyal bahwa akan ada kenaikan suku bunga dalam jangka waktu dekat. Namun, perlu diketahui kemungkinan “The FED” kembali menaikan suku bunga pada bulan Maret sudah merosot. Kemungkinan “The FED” untuk kembali menaikan suku bunga pada bulan Maret turun dari di atas 50 % kini hanya menjadi 35 %.

Kenaikan Suku Bunga Dari Maret Menjadi Juni

Penyusutan kemungkinan “The FED” untuk kembali menaikan suku bunga pada bulan Maret, telah berdampak pada kenaikan kemungkinan “The FED” menaikan suku bunga pada bulan Juni. Kemungkinan “The FED” menaikan suku bunga pada bulan Juni sebesar 54 %. Kemungkinan ini meningkat setelah Presiden Federal Reserve untuk wilayah bagian New York, Amerika Serikat William C. Dudley mengatakan bahwa dirinya akan tetap memperhatikan kestabilan pada harga untuk yang lebih tinggi.

Kemungkinan Akan Ada Empat Kali Kenaikan Pada 2016

Kembali melemahnya harga minyak dunia dan lemahnya ekonomi jepang di saat pelemahan ekonomi secara global. Secara resmi pihak Federal Reserve, mengatakan seperti yang telah ditunjukan pada bulan
Desember 2015 lalu, pihaknya berharap akan ada empat kali kenaikan suku bunga pada tahun 2016 di saat kekacauan ekonomi yang melanda saat ini.

Sentimen Beli Lebih Dari 80 Persen   

Mata Uang Beli Jual
USD
83.52 %
16.48 %
EUR
23.16 %
76.84 %
GBP
34.60 %
65.40 %
JPY
59.61 %
40.39 %
AUD
40.41 %
59.59 %
NZD
52.35 %
47.65 %
CHF
53.64 %
46.36 %
Tabel Sentimen

Berdasarkan data tabel sentimen di atas jika dibandingkan dengan data sentimen minggu yang lalu, diketahui bahwa ada peningkatan sentimen beli Dollar Amerika sebesar hampir tiga persen atau lebih tepatnya 2.9 %. Angka ini merupakan pencapaian index tertinggi pada saat ini jika dibandingkan dengan beberapa waktu lalu. Meskipun Dollar Amerika masih memiliki sentimen positif yang cukup tinggi perlu disadari bahwa data Commitment Of Traders (COT) yang diperoleh tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan beberapa minggu yang lalu.

Dan, hal ini juga mengindikasikan secara perlahan Dollar Amerika kembali memasuki titik jenuhnya. Terlebih jika kita memperhatikan ulasan-ulasan di atas, yang bernada “dovish” pada mata uang Dollar Amerika.

0 comments :

Post a Comment